Halo !!! Blog ini dikhususkan untuk daftar istilah saja, semoga bermanfaat.

Router


Pengertian Router

Bahasa Umum :

Router adalah perangkat network dalam bentuk Hardware dan memiliki OS tersendiri yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik itu network lokasi yang sama maupun network lokasi yang berbeda dan dari segi teknologinya seperti menghubungkan network yang menggunakan topologi star, bus dan ring.

Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan LAN atau jaringan internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang disebut atau dikenal sebagai routing.


Bahasa Wikipedia

Perute atau penghala (bahasa Inggris: router) adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai penghalaan. Proses penghalaan terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari protokol tumpukan (stack protocol) tujuh-lapis OSI.

Fungsi Router

Router berfungsi untuk menghubungkan antar dua jaringan atau lebih untuk meneruskan atau mengirimkan data dari jaringan yang satu ke jaringan yang lainnya. Router berbeda dengan switch, switch merupakan penghubung dari beberapa alat untuk membentuk suatu Lokal Area Network ( LAN) dan Router lah yang mengatur lalu lintas datanya melalui IP Address.

Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router.

Jenis-Jenis Router
Secara umum, router terbagi menjadi dua buah jenis, yaitu:

  • static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan.
  • dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.