Halo !!! Blog ini dikhususkan untuk daftar istilah saja, semoga bermanfaat.

Mesin pencari web


Pengertian Mesin pencari web

Mesin pencari Web atau disebut Web search engine dalam bahasa Inggris adalah sebuah program berbasis komputer yang dibuat atau dirancang untuk melakukan pencarian atas file-file yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer jaringan. Hasil pencarian umumnya berupa daftar yang diurutkan berdasarkan keakuratan atau rasio pengunjung pada suatu file yang disebut hits.

Dalam sebuah pencarian biasanya menghasilkan berupa tulisan ataupun gambar atau file-file yang lainnya,  contoh file office, file exe, file compress, dan lain-lain. Makanya tidak heran jika mesin pencari web mengumpulkan semua data-data dan informasi yang ada di Internet agar mudah di index. Mesin pencari umumnya dikelola oleh pihak swasta yang menggunakan algoritma data tertutup.
Berikut ini mesin pencari web yang paling populer di dunia :

1. Google ( www.google.com)

Nama Google lahir karena kecelakaan, sejarah Google dimulai dari proyek yang dikerjakan oleh lary Page dan sergey brin pada tahun 1996. Pada saat itu kedua mahasiswa pascasarjana di stanford university itu berkolaborasi mengembangkan mesin pencari dengan menamai proyek mereka dengan nama BackRub, seiring berjalannya waktu tepatnya pada tahun 1997 mereka mengganti nama BackRub dengan nama Googol yang diambil dari bahasa matematika dengan artian angka 1 yang diikuti 100 angka nol. Pada suatu hari para investor mengeluarkan cek untuk proyek tersebut, namun cek yang diberikan atas nama Google dimana seharusnya kepada Googol, rupanya para investor salah mengeja dan terlanjur menulis Google. Lary Page dan sergey brin akhirnya menyerah dengan menerima nama Google.

2. Microsoft ( www.bing.com)

Bing merupakan mesin pencari buatan Microsoft, Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari terdahulu yaitu : live search, windows live search, msn search.

Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni.

3. Yahoo ( www.yahoo.com )

Yahoo yang berakronim Yet Another Hierarchical Officious Oracle merupakan mesin pencari yang popular di tahun 1994, yahoo di prakarsai oleh dua orang pemuda yang bernama David Filo dan Jerry Yang merupakan calon kandidat doktor dibidang teknik elektro di Universitas Stanford.

Yahoo! Bermula dari hobi mahasiswa yang berubah menjadi brand global yang telah merubah cara orang untuk berkomunikasi satu sama lain, mencari dan mendapatkan informasi dan membeli berbagai macam kebutuhan barang. Sadar akan tingginya pengunjung yang unik dari berbagai dunia, kedua orang ini mulai menyadari bahwa yahoo berpotensial untuk dijadikan bisnis. 

4. Open directory ( www.dmoz.com )

Open directory dikenal dengan sebutan DMOZ adalah sebuat konten direktori terbuka multibahasa dari world wide web, directory ini disusun dan dirawat oleh sekumpulan editor sukarelawan. Pendiri dari DMOZ ini yaitu Rich Skrenta dan Bob Truel pada tahun 1998 saat mereka berdua bekerja sebagai insinyur untuk Sun Microsystems.

5. MSN ( www.msn.com )

Microsoft Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft. Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista.

Awal mulanya MSN milik yahoo dan mereka berniat membuat mesin pencari produk sendiri, bagian dari MSN yaitu :
  • Windows Live Hotmail
  • Windows Live Messenger

6. Altavista ( www.altavista.com )

AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation 's Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto.

Fitur yang membedakan AltaVista adalah antarmuka minimalis dibandingkan dengan mesin pencari lainnya. Astalavista diluncurkan pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com, 

7. Aol ( www.aol.com )

AOL Inc (sebelumnya dikenal sebagai America Online, ditulis sebagai AOL dan ditata sebagai Aol.) Adalah sebuah perusahaan media massa multinasional Amerika yang berbasis di New York City yang berkembang, tumbuh, dan berinvestasi dalam merek dan situs web. Bisnis perusahaan meliputi distribusi digital konten, produk, dan jasa, yang menawarkan kepada konsumen, penerbit, dan pengiklan.

AOL didirikan pada tahun 1983 dengan nama Joe Video Corporation (JVC)

8. Alltheweb ( www.alltheweb.com )

AlltheWeb adalah mesin pencari internet yang memulai debutnya pada pertengahan tahun 1999 dan ditutup pada tahun 2011. Ini tumbuh dari FTP Search, tesis doktor Tor Egge ini di Norwegia Universitas Sains dan Teknologi, yang ia mulai pada tahun 1994, yang pada gilirannya mengakibatkan dalam pembentukan Cari Cepat & Transfer ( FAST ), didirikan pada tanggal 16 Juli 1997.Situs ini diutamakan sebagai situs pameran untuk perusahaan mesin pencari cepat. Menurut Fast, AllTheWeb disejajarkan dengan Google dalam ukuran dan teknologi. AlltheWeb tidak pernah menjadi sepopuler Google, meskipun userbase nya menurun setelah dibeli oleh Overture pada tahun 2003.

9. Baidu ( www.baidu.com )

Baidu Inc. biasa dikenal dengan sebutan Baidu didirikan pada 18 Januari 2000 merupakan perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC. Layanan Baidu menyediakan indeks 740 miliar lebih laman internet, 80 miliar gambar, dan 10 miliar data mulimedia, selain itu Baidu juga memasarkan produk ponsel pintar miliknya dengan nama Changhong H5018.