Halo !!! Blog ini dikhususkan untuk daftar istilah saja, semoga bermanfaat.

Browser


Pengertian Browser

Bahasa Umum :

Browser adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk melihat-lihat atau membaca-baca halaman sumber informasi yang terdapat di internet, biasanya untuk membuka halaman website dengan cara mengisi alamat website di kotak address.

Bahasa Wikipedia :

Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan pengidentifikasi sumber seragam yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya.

Meskipun penjelajah web terutama ditujukan untuk mengakses Internet, sebuah penjelajah juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web dalam jaringan pribadi atau berkas pada sistem berkas. Beberapa penjelajah web yang populer adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari.

Sejarah :

Browser pertama bernama WorldWideWeb (tanpa spasi) diciptakan Tim Berners-Lee. Nama browser tersebut kemudian diubah menjadi Nexus.

Tahun 1993 - Marc Andreessen melakukan inovasi penjelajah web dengan merilis Mosaic (kemudian Netscape), "browser populer pertama di dunia", yang membuat sistem Internet mudah digunakan dan lebih mudah diakses oleh orang kebanyakan. Browser Andreesen memicu ledakan popularitas di Internet pada tahun 1990-an. Andreessen, pemimpin tim Musa di NCSA, segera mendirikan perusahaan sendiri, bernama Netscape, dan merilis Mosaic-yang kemudian mempengaruhi Netscape Navigator pada tahun 1994, yang dengan cepat menjadi browser yang paling populer di dunia, menguasai 90% dari semua penggunaan penjelajah web di dunia

Tahun 1995 - Microsoft menanggapinya dengan menciptakan Internet Explorer.

Tahun 1996 - Opera memulai debutnya.

Tahun 1998 - Mozilla foundation mengembangkan browser Firefox.

Tahun 2003 - Apple mulai membuat browser Safari.

Tahun 2009 - Google adalah pendatang baru dengan merilis google chrome.